Muncul Mutasi Corona Varian Baru B117, Vaksin Covid-19 Masih Efektifka

Jakarta, jejakkeadilan.com – Pemerintah mengumumkan hingga Senin, 8 Maret 2021 total ada 6 kasus Covid-19 dengan varian baru B117. Varian baru ini dinilai lebih menular namun tidak lebih berbahaya dari varian sebelumnya.

Lalu muncul pertanyaan apakah vaksin Covid-19 yang sudah ada di Indonesia seperti Sinovac dan AstraZeneca efektif terhadap varian baru B117 ini?

Kementerian Kesehatan melalui Jubir Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi memastikan vaksin Covid-19 saat ini masih sangat efektif untuk varian B117.

“Sehingga sampai saat ini tentunya vaksin yang digunakan masih sangat efektif dan tentunya tidak akan terpengaruh terhadap adanya mutasi Covid-19 atau B117,” kata Nadia dalam konferensi pers virtual, Senin (8/3/2021).

Begitu pula Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan hal yang sama.

“Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif melawan mutasi Covid-19 asal Inggris B117,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (4/3).

Sementara itu, peneliti vaksin AstraZeneca dari Oxford University, Indra Rudiansyah mengatakan vaksin AstraZeneca masih efektif terhadap varian baru B117.

“Data yang kita punya mutasi virus itu tidak menghilangkan keefektifan vaksin, tetapi memang dibutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi untuk bisa menetralisir varian tersebut tapi tidak berarti mutasi itu membuat vaksin jadi tidak efektif,” ujar Indra Rudiansyah pada Selasa (9/3/2021).

Pemerintah meminta masyarakat agar tidak panik dengan adanya varian baru B117 ini yang terpenting tetap menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan.

Penulis : Sadryna Evanalia

SUMBER: KOMPAStv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *