Ini Syarat Donor Plasma Konvalesen dan Cara Menjadi Donor

Bengkulu, Jejakkeadilan.com – Donor plasma konvalesen menjadi salah satu metode penyembuhan dari infeksi Covid-19. Plasma konvalesen dapat diperoleh dari seorang penyintas Covid-19 yang telah sembuh dalam kurun waktu sekitar 3 bulan.

Karena berhasil melawan infeksi, plasma seorang penyitas mengandung antibodi Covid-19. Antibodi ini memberikan satu cara bagi sistem kekebalan penyitas untuk melawan virus ketika seorang penyitas sakit, sehingga mendonorkan plasma konvalesen seorang penyitas kemungkinan dapat membantu orang lain melawan penyakit Covid-19 dan membantu mereka pulih.

Ketua Bidang Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, dr Linda Lukitari Waseso menjelaskan, donor plasma konvalesen termasuk metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

“Tindakan ini bertujuan sebagai terapi tambahan Covid-19 dengan mengajak orang yang telah sembuh dari Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma,” jelas Linda saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/7/21).

Berikut syarat donor plasma konvalesen :
– Usiamu 18-60 tahun
– Berat badanmu ≥ 55 Kg
– Diutamakan pria, kalau wanita belum pernah           hamil ya
– Pernah terkonfimasi Covid-19 dengan Surat              keterangan sembuh dari dokter yang                          merawat/faskes
– Bebas keluhan/gejala minimal 14 hari
– Tidak menerima transfusi darah selama 6 bulan      terakhir
– Lebih diutamakan yang pernah mendonorkan         darah

Sumber: https://plasmakonvalesen.covid19.go.id/

Cara menjadi donor plasma konvalesen :
Para penyintas Covid-19 yang telah memenuhi kriteria dapat menghubungi Unit Donor Darah (UDD) PMI.

Petugas akan mengatur waktu untuk pemeriksaan dan pengambilan sampel darah, jika memenuhi syarat, pengambilan donor plasma konvalesen akan dilakukan menggunakan metode apheresis.

Berikut ini alur donasi plasma konvalesen di Unit Donor Darah:

  1.  Persiapan Donor Mengisi formulir donor darah dan Informed Consent, seleksi donor melalui anamesis dan pemeriksaan fisik
  2. Pemeriksaan Laboratorium Donor Darah Lengkap – Konfirmasi Golongan Darah – Skrining Antibodi – Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah (HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, Sifilis)
  3. Pengambilan Darah Donor Pengambilan darah atau plasma konavalesen dari donor dilakukan dengan menggunakan mesin apheresis. Lama waktu pengambilan darah donor sekitar 45 menit.

Untuk mendonorkan plasma konvalesen, Anda bisa mengunjungi unit donor darah terdekat. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *