Sekertaris DPRD Provinsi Rizal: Peringatan HUT Provinsi Bengkulu ke 53, 45 Anggota Dewan Akan Pakai Baju Adat Baru

Bengkulu, jejakkeadilan.com, -Dalam momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu ke-53 pada bulan November tahun ini, 45 anggota DPRD Provinsi Bengkulu bakal mengenakan pakaian adat baru. Ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Provinsi Bengkulu, Drs. HM. Rizal, M.Si. Menurutnya, pakaian adat yang dimaksud tentu saja pakaian adat Bengkulu.

“Sebelumnya terkait pengadaan pakaian adat ini, saya sudah memerintahkan pejabat teknis untuk segera melakukan pemesanan. Sehingga nantinya sebelum puncak peringatan HUT Provinsi Bengkulu yang jatuh tanggal 18 November tahun ini, pakaian adat itu sudah selesai dan dapat dikenakan 45 anggota DPRD Provinsi Bengkulu ini,” ungkap Rizal kepada wartawan Minggu (19/9).

Ia menerangkan, adapun pakaian adat yang dipesan, merupakan pakaian adat Bengkulu dan tentunya lengkap dengan atribut sebagaimana adat Bengkulu. “Makanya dalam pemesangan pakaian adat ini, kita berkoordinasi dengan tokoh dan Badan Musyawarah Adat Provinsi Bengkulu. Untuk penjahitannya, tetap menggunakan jasa penjahit lokal.”

Disinggung soal alokasi anggaran, Rizal menerangkan, untuk pengadaan pakaian adat ini disiapkan anggaran sekitar Rp 264 juta. Pakaian adat ini khusus untuk 45 anggota DPRD Provinsi Bengkulu saja. “Dengan total anggaran tersebut, maka per stel pakaian adat itu nanti nilainya berkisar Rp 7,5 juta.” ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, diharapkan dengan penggunaan seragam pakaian adat ini, berdampak positif bagi nilai-nilai kebudayaan yang dimiliki Provinsi Bengkulu. “Jadi, ini salah satu upaya kita agar kebudayaan daerah kita tetap terjaga. Apalagi saat ini nilai-nilai kebudayaan sudah mulai terkikis seiring perkembangan zaman.”  (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *