Diskusi Publik BPC Bersama GMKI, Gubernur Bengkulu Apresiasi Kajian Langkah yang Mendorong UMKM

Bengkulu, Jejakkeadilan.com- Bentuk kepedulian dan inisiasi dari mahasiswa jelas sangat positif. Karena memulihkan ekonomi di masa pandemi ini membutuhkan sinergi, membutuhkan pemikiran dan peran dari semua pemangku kepentingan termasuk dari kalangan mahasiswa.

Hal tersebut dijelaskan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai membuka dan menjadi pembicara pada Diskusi Publik BPC Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Provinsi Bengkulu, via Virtual Meeting di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Rabu (10/11).

“Saya kira kajian-kajian seperti ini sangat positif, di mana kita tetap berorientasi bagaimana mendorong UMKM, sektor permodalan dan penyaluran bantuan program pemerintah kemudian insentif ekonomi,” ungkap Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Lanjut Gubernur Rohidin, terjangan pandemi COVID-19 jelas sangat berdampak negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia termasuk Bengkulu. Namun dengan terus melandainya angka kasus COVID-19 saat ini, geliat ekonomi masyarakat Bengkulu mulai kembali bangkit dan tumbuh.

Untuk itulah, mendorong laju pertumbuhan ekonomi di masa pandemi saat ini, banyak upaya yang dilakukan pemerintah bersama pihak terkait salah satunya lembaga perbankan. Seperti dalam hal memberikan relaksasi berupa bantuan kepada pelaku UMKM ataupun mengoptimalkan kemudahan dalam memberi modal usaha.

“Termasuk mendorong UMKM berbasis digital dan kemudian bagaimana UMKM bisa mengakses layanan industri jasa keuangan dengan mudah,” imbuh Gubernur Bengkulu lulusan terbaik UGM dan IPB ini.

Selain itu, bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu juga terus dioptimalkan, seperti bantuan PKH yang merupakan program pemerintah pusat, baik dalam bentuk bantuan stimulan maupun bantuan langsung tunai.

“Ini yang harus sama-sama kita dorong di masa pandemi COVID-19. Sehingga ekonomi masyarakat Bengkulu bisa kembali terus menggeliat dan tumbuh,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam diskusi publik via Virtual Meeting itu, perwakilan Dispora dan Kesbangpol Provinsi Bengkulu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Bengkulu dan para pengurus dan anggota GMKI Bengkulu. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Ping-balik: Dan Helmer