Kurs Dolar Hari Ini: Menanti Pengumuman Suku Bunga Acuan BI, Rupiah Dibuka Melemah

Kurs Dolar Hari Ini: Menanti Pengumuman Suku Bunga Acuan BI, Rupiah Dibuka Melemah
Kurs Dolar Hari Ini: Menanti Pengumuman Suku Bunga Acuan BI, Rupiah Dibuka Melemah

Jejakkadilan.com- Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka melemah pada perdagangan via Bloomberg, Selasa, 24 Mei 2022 pukul 08.30 WIB terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di harga Rp14.672 per dolar AS. Rupiah pagi ini melemah hingga 30 poin setara 0,20%.

Menurut analisa dari Analis Keuangan Ariston Tjendra mengatakan hari ini rupiah berpotensi melemah terhadap dolar Amerika Serikat dikarenakan sentimen Bank Indonesia (BI) dan inflasi.

“Para analis memperkirakan BI akan tetap mempertahankan suku bunganya hari ini untuk mempersempit jarak dengan suku bunga The Fed. Rupiah berpotensi tertekan di kisaran Rp14.730 dengan potensi support di kisaran Rp14.630,” kata Ariston pada TrenAsia.com, Selasa, 24 Mei 2022.

Tidak hanya itu, harga komoditi yang naik dikarenakan situasi di Ukraina dapat mendorong masuknya ekonomi global ke pelambatan ekonomi. Oleh karena itu, Indonesia juga mendapatkan dampak negatif dari pelambatan ekonomi ini.

Sementara itu, ekspektasi terhadap normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat yang agresif belum juga hilang di pasar. Normalisasi ini tidak akan berhenti sampai inflasi Amerika Serikat menunjukkan tanda penurunan. Menurut data inflasi konsumen AS bulan april, ditunjukkan tingkat inflasi di Amerika serikat masih tinggi. Tercatat, tumbuh di level 8,3% tidak berbeda jauh dengan data yang dirilis bulan sebelumnya di level 8,5%. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Ping-balik: blote tieten