Kepemimpinan Presiden Jokowi Apresiasi dan di Sanjung Generasi Muda Papua   

BERITA, HEADLINE188 Dilihat

JEJAKKEADILAN.COM- Menurut survei, Generasi Muda Papua puas dengan kepemimpinan Presiden Jokowi. Tingginya tingkat kepuasan Generasi Muda Papua ini merupakan suatu bentuk apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Masyarakat Papua kepada Pemerintah Pusat dalam upaya membangun Papua.

Survei dilakukan oleh Litbang Kompas di Provinsi Papua dan Papua Barat pada anak muda berusia 20-39 tahun pada awal Maret 2022 lalu. Hasil survei menjelaskan bahwa lebih dari 63% responden muda sangat puas dengan kinerja Pemerintah Pusat di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Ketua Umum Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI), Nurkhasanah mengakui tingkat kepuasan kinerja Presiden Jokowi. Hal ini dikarenakan selama dua periode masa kepemimpinannya, Presiden Jokowi berhasil mengedepankan program Nawacita.

Program Nawacita adalah sembilan prioritas pembangunan nasional di era kepresidenan Jokowi. Nawacita berasal dari Bahasa Sansekerta dimana nawa berarti sembilan, dan cita yang artinya adalah harapan,keinginan, dan juga impian. Nawacita adalah sembilan harapan, serta harapan dari Presiden Jokowi untuk kesejahteraan Rakyat Indonesia.

Pada butir ketiga dari Nawacita dijelaskan bahwa prioritas Pemerintahan Presiden Jokowi adalah dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam Kerangka NKRI.

Nurkhasanah mengatakan bahwa sejak awal memimpin Indonesia, Presiden Jokowi jeli untuk menggunakan resep mujarab pembangunan yang tidak sekedar menaikkan pertumbuhan melainkan menyebar pemerataan. Presiden Jokowi menyadari bahwa cara pembangunan yang menitikberatkan efek tetesan ke bawah (trickle down effect), yakni dengan pembangunan yang terpusat di perkotaan telah gagal. Kemakmuran Bersama akan lebih optimal diraih dengan membangun dari pinggiran daerah.

Nurkhasanah menambahkan bahwa membangun dari daerah dalam makna luas tak hanya berarti kewilayahan, tetapi juga soal membangun sumber daya manusia yang selama ini terpinggirkan.

Mayoritas anak-anak muda di Papua dan Papua Barat menilai kinerja pemerintah sangat baik. Dari hasil survei Litbang Kompas diketahui bahwa kerja pemerintah di bidang sosial budaya menjadi yang paling diapresiasi oleh generasi muda di Papua, dengan tingkat kepuasan mencapai 78%. Untuk kebebasan beroganisasi dinilai positif oleh sekitar 73% responden, sedangkan untuk menjamin hak Pendidikan Warga Papua diapresiasi 64.5% persen responden.

Di bidang kesehatan kepuasan mencapai 64.3%. Di bidang penegakan hukum 47.1%  responden menyatakan sangat puas terhadap pemerintah pusat, dan 51,2% terhadap pemerintah daerah. Selanjutnya, bidang ekonomi 48,8% responden menyatakan sangat puas dan puas terhadap pemerintah pusat, dan 51.1% puas terhadap pemerintah daerah.

Survei dari Litbang Kompas ini memiliki tingkat kepercayaan 95%, dengan marjin error 4,9%. Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani mengatakan bahwa hasil survei ini memberikan konfirmasi bahwa ada apresiasi terhadap pilihan strategi pembangunan yang dijalankan oleh Presiden Jokowi. Jaleswari menambahkan bahwa Presiden Jokowi dinilai sangat memperhatikan perspektif anak muda saat mengeluarkan kebijakan terkait pembangunan kesejahteraan Masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Kepuasan dari generasi muda di Papua terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi ini menjadi apresiasi berharga bagi pemerintah untuk terus melakukan pekerjaannya membangun Papua. Papua yang sejahtera, adil dan makmur adalah harapan dan impian kita bersama, demi menyongsong Indonesia Maju 2045.

)* Penulis adalah Pengamat Papua, mantan jurnalis media lokal di Papua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *