Wakil Bupati Hadiri Prosesi Adat Kedurai Apem di Sabo Pasir Lebar

Lebong, jejak keadilan — Bupati Lebong Kopli Ansori yang diwakili oleh Wakil Bupati Lebong Drs.Fahrurrozi,.M.Pd didampingi Oleh Ketua DPRD Kabupaten Lebong Carles Ronsen, S.Sos bersama dengan unsur Forkopimda membuka dan menghadiri Prosesi Kedurai Muang/Mbes Apem, di Bnei Libea/Sabo, Desa Bungin Kecamatan Bingin Kuning, pada Senin 31 Oktober 2022.

Acara Kedurai Muang/Mbes Apem merupakan adat kebudayaan Suku Rejang, Kabupaten Lebong yang dilaksanakan di setiap tahunnya. Adat/Budaya Muang/Mbes Apem pada sebagian masyarakat sekitar wilayah kecamatan Bingin Kuning disebut sebagai bentuk kepatuhan masyarakat terhadap peranan para leluhur dalam menata system dan sinkronisasi antara manusia dan alam.

“Ini adalah prosesi adat,yang harus kita jaga”. ungkap Wabup

“Prosesi yang digelar setiap tahun ini bentuk penghormatan kita kepada leluhur,dan mengingat bahwa adat istiadat kita disini masih dijaga kelestariannya”. tambahnya

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Lebong Drs.Fahrurrozi. M.Pd menyebutkan bahwa menjaga dan melestarikan Adat atau Kebudayaan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan karena merupakan cerminan masyarakat yang memiliki Etika serta Adab untuk menghargai peranan para leluhur. (one)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar

  1. Ping-balik: Khủng bố
  2. Ping-balik: hihuay
  3. Ping-balik: Belcampo