Sekda Mukomuko Hadiri Panen Demplot Padi Hibrida di Desa Ranah Karya

Mukomuko – Bupati Mukomuko yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko, Yandaryat Priendiana, menghadiri acara panen demplot padi hibrida BCA 18 F1 produk PT benih citra asia di Desa Ranah Karya Kecamatan Lubuk Pinang, dalam upaya mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Mukomuko, Rabu (09/11/2022).

Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko, Yandaryat Priendiana mengungkapkan bahwa menurut informasi yang didapat, untuk varietas padi hibrida BCA 18 F1 merupakan varietas yang tahan terhadap hama, terutama hama wereng.

“Pemerintah akan meminta bimbingan kepada Bappennas mengenai food estate supaya menjadi tema Kabupaten Mukomuko untuk DAK tematik 2023 yang menyangkut sarana dan prasarana dan fasilitas fisik, mulai dari cetak sawah, jalan usaha tani, bibit, pupuk, hingga infrastruktur jalan utama” ujarnya.

Pihak pemerintah daerah berharap Pemerintah Desa menjaga kawasan food estate artinya mendorong masyarakat untuk mempertahankan lahan pertanian mereka untuk tidak beralih menjadi lahan perkebunan kelapa sawit. Dengan DAK tematik tentu akan mensupport terencananya kebutuhan sarana prasarana pertanian.

Yandaryat juga berharap Bank Perkreditan Rakyat dapat mensupport modal petani sehingga terbebas nya petani dari sistem ijon, dengan demikian tentu hasil panen kita tidak akan keluar dari wilayah kita sehingga akan tersedianya stok pangan daerah dalam menunjang program ketahanan pangan daerah. Untuk kedepannya, jika dimungkinkan, BUMD atau BUMDes bersama dapat mengelola rice miling unit milik Pemerintah Daerah yang sudah ada tentunya setelah dilakukan penyesuaian tekhnologi rice milling unit yang ada, terutama upaya updating alat pengering gabah yang mutakhir. Dengan adanya alat pengering gabah yang mutakhir, maka waktu produksi bisa menjadi lebih singkat dan kualitas beras menjadi lebih baik. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar