Dispapora Mukomuko Dorong Pembentukan POKDARWIS Ubtuk Kembangkan Objek Wisata di Daerah Mukomuko

Mukomuko – Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu saat ini tengah menggeliatkan perkembangan objek wisata yang ada di Kabupaten Mukomuko. Dari itu untuk meningkatkan perkembangan Objek pariswista di daerah itu, pemerintah setempat melalui Disparpora telah membentuk Kelompok Sadar Wisata ( POKDARWIS) di masing- masing daerah yang memiliki omjek wisata agar dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mukomuko.

Ada 53 objek wisata yang tersebar di beberapa daerah di Kabupaten Mukomuko. Dari 53 objek wisata yang ada, pihak dinas terkait masih melihat perkembangan objek wisata yang ada masih tergolong lambat, dari itu dibentuk POKDARWIS, dengan ada nya Pokdarwis ini diharapkan perkembangan pariwisata dapat ditingkatkan, hal ini di katakan Kepala Dinas Disparpora Mukomuko Agus Arvinda melalui Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Rizkan Selasa, (22/11/2022).

“Saat ini kita masih merintis perkembangan objek wisata, dari itu kita membentu Pokdarwis, Pokdarwis ini lah yang akan menjadi motor penggerak pengembangan, pengelolaan. Secara regulasi kita sudah ada, di tahun depan kita sudah mempunyai Rencana Induk Pembangunan Pariwisata (Rippata) Kabupaten,” ujar Rizkan.

Rizkan juga mengatakan Rippata ini sudah sahkan melalui Surat Keputusan (SK) bupati papar nya. Dari 53 objek wisata yang ada kita sudah membentuk 10 Pokdarwis diantara nya, Pokdarwis Pantai Ujung Talipuh yang terletak di Desa Air Rami, Pokdarwis Maju Jaya di Desa Arga Jaya, dimana Pokdarwis Maju Jaya ini merupakan objek wisata Destinasi wahana Air yang merupakan danau buatan.

“Adalagi Pokdarwis Pantai Batu Kumbang yang terletak di Desa Pulau Baru, yang dinama wisata Bahari, pantai Pasar Ipuh, Pokdarwis Air Terjun dan Bukit Rafflesia di Desa Talang Baru Malindeman, Pokdarwis Desa Teluk Bakung, Pokdarwis Danau Lebar Desa Setia Budi, Pokdarwis Air Punggur dan Pokdarwis Benteng Anna di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko, Pokdarwis Danau Danau Indah dan Danau Bambu Kuning di Kelurahan Bandaratu, dan Pokdarwis Pangon Desa Agung Jaya Kecamatan Air Manjuto,” ulas Riskan.

“Dari 10 Pokdarwis yang sudah dibentuk ini akan kita lakukan pembinaan Notabene nya, setelah kita lakukan koordinasi, Pokdarwis ini masih merasa gamang dalam mengembangkan pariwisata, dari itu kita akan lakukan pembinaan guna mempercepat pengembangan objek wisata yang sudah ada,” tutupnya.(Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *