Merdeka Finansial dengan Penerapan Komunikasi Bisnis dalam Dunia Bisnis

Opini, jejakkeadilan.com — Merdeka finansial merupakan suatu keadaan yang memungkinkan seseorang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa mengkhawatirkan kondisi keuangannya.

Merdeka finansial merupakan suatu kondisi yang pasti diinginkan oleh setiap orang atau individu.

Bacaan Lainnya

Merdeka finansial juga merupakan suatu hal yang ingin diraih seseorang dengan tujuan dapat mewujudkan hidup yang layak. Untuk dapat mewujudkan merdeka finansial ini tentu membutuhkan strategi yang matang dan tepat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat mencapai merdeka finansial yaitu dengan menjalankan suatu bisnis.

Menjalankan suatu bisnis merupakan suatu hal yang dapat menambah penghasilan seseorang. Menjalankan suatu bisnis ini juga merupakan suatu bentuk investasi jangka panjang yang dapat membantu keuangan sehingga dapat membantu tercapainya merdeka finansial. Menjalankan suatu bisnis tentunya bukan merupakan hal yang mudah.

Oleh karena itu diperlukan beberapa aspek yang harus diperhatikan agar bisnis tersebut dapat berkembang dan sukses, sehingga dapat membantu tercapainya merdeka finansial.

Salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam menjalankan suatu bisnis yaitu cara berkomunikasi bisnis. Komunikasi bisnis merupakan suatu bentuk komunikasi yang diterapkan dalam lingkungan bisnis.

Cara komunikasi bisnis didalam suatu lingkungan bisnis perlu diperhatikan karena komunikasi ini merupakan hal yang dapat mempengaruhi keberlangsungan dari bisnis yang dijalankan. Kemampuan komunikasi ini tidak hanya mencakup pihak luar saja, melainkan juga mencakup pihak internal bisnis.

Kemampuan berkomunikasi yang baik diperlukan dalam menjalin hubungan dengan pihak luar guna dapat menyampaikan informasi, menarik pelanggan, serta kebutuhan kolaborasi. Sedangkan, kemampuan berkomunikasi yang baik diperlukan dalam menjalin hubungan dengan pihak internal guna dapat menciptakan hubungan yang baik dari antar individu yang terkait didalamnya.

Dalam mencapai komunikasi bisnis yang efektif, maka diperlukan strategi tertentu.

Adapun strategi yang dapat diterapkan yaitu dengan melakukan analisis komunikan. Melalui kegiatan analisis komunikan, maka dapat mengetahui bagaimana kondisi dan situasi dari komunikan tersebut.

Dengan memahami kondisi dari komunikan, maka pelaku bisnis dapat menentukan pemilihan kata yang tepat ketika hendak menyampaikan pesan.

Sehingga pesan tersebut dapat tersampaikan dengan jelas dan dapat diterima oleh komunikan dengan baik.

Adapun cara yang dapat dilakukan dalam menganalisis komunikan yaitu :

  • Memahami profil komunikanLangkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan memahami profil dari komunikan.
  • Memahami profil komunikan dapat diketahui dengan membuat pertanyaan seputar usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, serta tingkat pendidikan dari komunikan.
  • Memahami kultur atau budaya dari komunikan Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan dalam menganalisis komunikan yaitu dengan memahami kultur atau budaya dari komunikan tersebut.
  • Memahami kultur atau budaya dapat dilakukan dengan mengetahui suku dan daerah asal komunikan. Memahami budaya komunikan dapat membuat timbulnya sikap saling pengertian sehingga dapat terciptanya penyesuaian gaya komunikasi.
  • Memahami kebiasaan komunikan Langkah terakhir yang dapat dilakukan yaitu memahami kebiasaan komunikan. Kebiasaan komunikan merupakan suatu hal yang sering dilakukan oleh komunikan.
  • Memahami media apa yang sering digunakan oleh komunikan merupakan salah satu bentuk analisa kebiasaan komunikan. Dengan demikian, pada dasarnya keinginan merdeka finansial dapat diwujudkan melalui penerapan komunikasi bisnis.

Melalui penerapan komunikasi bisnis yang baik, maka dapat membuat usaha atau bisnis yang dijalankan menjadi maju dan sukses. Bisnis yang maju dan sukses tersebut merupakan suatu cara tercapainya merdeka finansial.

  • Penulis: Syifa Aulia
  • Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
  • Prodi S1 Akuntansi, Universitas Pamulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *