Jelang Ramadan, Polresta Bengkulu Gelar FGD Moderasi Beragama

Jelang Ramadan, Polresta Bengkulu Gelar FGD Moderasi Beragama

Jejakkeadilan.com – Dalam rangka membangun kebersamaan menjelang Bulan Ramadhan 1444 H / 2023 M, Polresta Bengkulu Gelar Focus Group Discusion (FGD) bertempat di Aula Endra Dharmalaksmana Polreta Bengkulu. Selasa (21/03/23) pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Bengkulu Kombes. Pol Aris Sulistyono S.H, M.H, Kasat Binmas Polresta Bengkulu AKP Firman S.sos, M.H dan Nara Sumber Kasi Binmas Islam Kemenag Kota Bengkulu H. Rolly Gunawan, M.H.I

Diikuti peserta FGD yaitu perwakilan Lurah per Kecamatan se Kota Bengkulu, Para Tokoh Lintas Agama yang ada di Kota Bengkulu ( Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha), perwakilan Tokoh Masyarakat, dan perwakilan Tokoh Pemuda se Kota Bengkulu.

Kegiatan diawali pembacaan Doa, dilanjutkan Kata Sambutan Kapolresta Bengkulu diwakili Kasat Binmas Polresta Bengkulu, kemudian Penyampaian Materi oleh Kasi Binmas Islam Kemenag Kota Bengkulu H. Rolly Gunawan, M.H.I dan ditutup dengan Diskusi Tanya Jawab.

Dalam sambutannya Kapolresta Bengkulu yang diwakili Kasat Binmas Polresta Bengkulu AKP Firman S.sos, M.H, mengucapkan Selamat Datang kepada narasumber dan semua peserta FGD di Polresta Bengkulu

” Bapak / ibu sekalian, acara kita pada hari ini kami namakan Focus Grup Discussion ( FGD ) dan pada kesempatan kali ini kami mengambil Tema ‘’ Menciptakan situasi Kamtibmas yang Kondusif menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah atau tahun 2023 M” tutur AKP Firman S.sos, M.H.

Seperti kita ketahui sebentar lagi Umat Muslim sedunia akan melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan di tahun 2023 ini.

Demikian pula halnya dengan umat muslim di Kota Bengkulu juga akan melaksanakan kewajiban selaku umat muslim untuk beribadah Puasa pada Bulan Ramadhan tahun ini.

Seiring dengan ibadah Ramadhan tersebut dibutuhkan situasi yang nyaman, aman dan kondusif agar segala rangkaian ibadah umat Islam ini dapat berjalan dengan baik.

” Kegiatan FGD hari ini untuk mendiskusikan potensi potensi gangguan pada saat ibadah Ramadhan tersebut,

Dan bagaimana komitmen kita untuk mengatasi potensi-potensi tersebut sehingga semua dapat berjalan bersama sama dengan rukun dan damai dalam bingkai Moderasi Beragama untuk Persatuan dan Kesatuan Indonesia, ” ungkap Kasat Binmas Polresta Bengkulu.

Diskusi tanya jawab peserta FGD dengan Nara Sumber Kasi Binmas Islam Kemenag Kota Bengkulu H. Rolly Gunawan, M.H.I menghasilkan kesepakatan :

  1. Pengurus Masjid agar memerhatikan kelengkapan di Masjid agar para jamash yang melaksanakan ibadah di Bulan Suci Ramadhan merasakan kenyaman dan ketenangan,
  • Antara lain kebersihan lingkungan, kebersihan tempat wudhu dan WC, Kebersihan ruang ibadah, karpet, sajadah, pencahayaan, sound sistem dan pencuci tangan.
  1. Menjadikan Masjid ramah anak apabila melaksanakan kegiatan-kegiatan bagi jamaah dan generasi Masjid ( Tadarusan dan Ceramah / Kultum)
  • Anak-anak jangan diusir, dibentak bahkan di pukul karena akan membuat trauma anak-anak sehingga mengakibatkan kurang nya minat anak-anak untuk pergi ke Masjid sedangkan anak-anak dan para remaja merupakan generasi penerus yang akan memakmurkan Masjid.
  1. Pengurus Masjid agar Mengatur Sound secara ramah, apabila melaksanakan Tadarusan Malam Bulan Ramadhan Gunakan Sound Masjid bagian dalam.
  2. Para pelaku usaha agar tidak vulgar membuka warung makan minum di siang hari dan menjaga kebersihan tempat usaha.
  3. Menjaga dan menghargai saudara yang menjalankan Ibadah Puasa (bagi yang tidak sedang berpuasa).
  • Menjaga aktifitas di media sosial ( postingan, hal hal vulgar, dan yang memancing perdebatan)
  • Saling menjaga kerukunan sesama , dan antar pemeluk agama tidak saling menghujat dan merasa benar.

Dengan Kegiatan FGD ini diharapkan tercipta kualitas kehidupan beragama serta kualitas kerukunan umat beragama yang moderat dan bertoleransi sehingga Kondusifitas Kamtibmas di Kota Bengkulu terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar

  1. Ping-balik: burnout
  2. Ping-balik: explanation
  3. Ping-balik: why not check here