Claus OR. Wamafma Dilantik Sebagai Direktur PT Freeport, FRB: Demi Proteksi OAP

NABIRE, JejakKeadilan.Com – Segenap Forum Rakyat Biasa (FRB) sebagai organisasi kemasyarakatan yang hadir sebagai Ormas proteksi orang asli Papua memberikan apresiasi dan ucapan terimah kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Jokowidodo yang telah memberikan kepercayaan kepada salah satu putra asli papua sebagai Direktur PT Freeport Indonesia.

Atas nama Presiden Republik Indonesia, Ir. Jokowidodo melalui Menteri BUMN Erick Thohir melantik Claus Oscar Ronald Wamafma sebagai Direktur . PT Freeport Indonesia bertempat di gedung kementerian BUMN pada Jumat 6 Oktober 2023 kemarin.

Kepada media ini, Ketua Presidium Forum Rakyat Biasa, Jekson Ikomou mengatakan, kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Jokowi merupakan hal langka, dan pertama kali bagi putra asli Papua sebagai proteksi orang asli Papua.

“Hal tersebut juga merupakan salah satu langkah strategis dalam menyelesaikan persoalan di papua melalui peningkatan sumber daya manusia orang asli Papua,” tutur Ikomou melalui keterangan tertulis, Minggu, (8/10/2023).

Ikomou menjelaskan bahwa kehadiran putra papua Claus Oscar Ronald Wamafma menjadi direktur PT.Freeport Indonesia bukan secara kebetulan namun memiliki proses – proses yang sangat seleftif. “Dan juga Pak Claus sudah berkarir selama dua puluh tahun di PT Freeport Indonesia

Untuk itu saya mengajak kepada semua komponen masyarkat Papua untuk mendukung Claus Ronald Oscar Wamafma sebagai Direktur PT Freeport Indonesia dalam kerja-kerja ke depan, ” jelas Ikomou.

Jekson juga mengharapkan kehadiran Claus Wamafma sebagai putra asli Papua di PT Freeport Indonesia yang beroperasi di kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah. Kiranya dapat memperjuangkan hak–hak para pekerja orang asli Papua yang sudah lama berkerja di PT Freeport Indonesia

“Karyawan PT.Freeport Indonesia ada tujuh ribu sembilan puluh orang, dan jumlah orang asli Papua yang berkerja di PT.Freeport Indonesia ada dua ribu delapan ratus orang, untuk itu kiranya kedepan jumlah orang asli Papua harus lebih diperbanyak bekerja di PT Freeport Indonesia sehingga dapat pulah menekan angka pengangguran khususnya bagi orang asli Papua yang ada di Papua,” ujar Jekikom.

Lanjut Ikomou, menambahkan semoga dengan hadirnya Claus Wamafma yang adalah putra asli Papua sebagai Direktur PT Freeport Indonesia, dapat membuat kebijakan – kebijakan strategis melalui PT Freeport Indonesia agar dapat memperhatikan mensejahtrakan orang asli papua dan nasib buruh orang asli Papua di PT. Freeport Indonesia. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *