Inilah Salah satu bentuk sinergitas Pemerintah PALI kepada masyarakat yang Membutuhkan di bidang Kesehatan, Apa ya.?

PALI, JejakKeadilan.Com – Rumah sakit umum Daera talang mengada kan operasi bibir sumbing dan oprasi katarak serta menyukseskan program Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2023. Hal itu diketahui dari dimulainya pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan HDI tahun 2023 di Bumi Serepat Serasan.

Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Sentra Abiyoso Cimahi, Kemensos RI, Yayasan Smile Train dan Yayasan Umi Romlah, Pemkab PALI menggelar operasi bibir sumbing dan operasi katarak, Sabtu dan Minggu (2-3/12/2023) Kegiatan yang dipusatkan di RSUD Talang Ubi itu dihadiri langsung oleh Bupati PALI, Heri Amalindo, beserta Kepala Sentra Abiyoso, Agung Hendrawan, serta sejumlah kepala OPD terkait.

bersama Bupati PALI, Kepala Sentra Abiyoso, sejumlah kepala OPD dan keluarga pasien
Bupati PALI sangat mendukung program yang digelar oleh Kementerian Sosial. Inilah sinergitas yang baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar. Tadi ada sembilan warga yang melaksanakan operasi bibir sumbing. Selain mengikuti operasi bibir sumbing secara gratis, warga juga mendapat bantuan dari pemerintah, baik berupa akomodasi dan transportasi,” ujar Ketua ICMI Orwil Sumatera Selatan itu.

“Bahkan kalau perlu, dilakukan setiap hari kegiatan seperti ini. Karena operasi bibir sumbing dan besoknya akan digelar operasi katarak, sangat membantu warga yang membutuhkan. Apalagi pelaksanaannya secara gratis. Jadi kepada bapak ibu, tidak perlu ragu, bapak ibu cukup bawa badan saja. Nantinya akan disiapkan dari pemerintah. Baik akomodasi dan transportasi selama operasi berlangsung,” beber Heri Amalindo.

Di tempat yang sama, Kepala Sentra Abiyoso, Agung Hendrawan mengatakan dipilihnya kabupaten PALI sebagai tempat pelaksanaan dikarenakan Pemerintah kabupaten PALI yang menyampaikan respon bagus atas program ini.

“Alhamdulillah, respon yang bagus dari Pemkab PALI, sehingga kami memilih untuk menggelar peringatan HDI disini. Selain itu juga fasilitas Rumah Sakit juga sudah lengkap dan sudah memenuhi standar,” ujar Agung.

Dijelaskan Agung bahwa kegiatan operasi bibir sumbing dan operasi katarak merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HDI tahun 2023 di Kabupaten PALI.

“Rangkaian dimulai hari ini, dilaksanakan operasi bibir sumbing, operasi katarak di tiga kabupaten, target sebanyak-banyaknya. Sementara untuk data jumlah warga yang bakal menjalani operasi katarak, yang lolos screening sebanyak 29 orang. Kemudian selain kegiatan itu, dilakukan juga pembebasan pasung, karena kita punya program Indonesia bebas pasung, jumlahnya di PALI satu orang,” bebernya.

Pada tanggal 5 Desember nanti, sebagai puncak peringatan HDI, akan digelar juga berbagai kegiatan, seperti cek kesehatan, donor darah dan pemberian alat bantu. Ia berharap Kabupaten PALI menjadi pilot projek pelaksanaan kegiatan Peringatan HDI tahun 2023.

“Untuk pelaksanaan tahun depan, kita lihat nanti. Tentunya kami berharap kegiatan pada hari ini, di kabupaten PALI, bisa menjadi pilot projek agar bisa dilaksanakan lagi disini, kemudian dilaksanakan di berbagai daerah lainnya,” pungkasnya.

Ditambahkan oleh Direktur RSUD Talang Ubi, dr. Hj. Tri Fitrianti bahwa untuk pasien yang mengikuti operasi bibir sumbing ada 9 orang. Sementara untuk warga yang menjalani operasi katarak ada 29 orang.

“Sebenarnya untuk operasi katarak, ada lebih kurang 100 warga. Tapi yang lolos screening baru 29 orang. Kemungkinan bisa nambah lagi. Untuk pelaksanaan operasi bibir sumbing dan operasi berlangsung dua hari ke depan. Tapi fleksibel berdasarkan pelaksanaan operasi dari dokter yang sudah datang,” jelasnya. Tutup (Esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *