PT Bimex Sudah Bisa Pergantian Personel, Usai RUPS

BENGKULU, JEJAKKEADILAN.COM- Menurut Anggota Fraksi PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi S.IP, MM, terkait dengan BUMD Bimex yang sudah menjadi PT saat ini, maka jika Bimex telah melaksanakan RUPS, mereka bisa melakukan pergantian personel.

“Jadi, Bimex ini sudah selesai di DPRD. Kita sudah menyampaikan pendapat akhir fraksi -fraksi. Sudah disimpulkan. Bahkan sudah diketok palu oleh pimpinan dewan, bahwa perubahan bentuk sudah dilakukan. Tinggal lagi mereka konsultasikan ke Mendagri. Dan itupun informasinya sudah dilakukan.

Kemudian berdasarkan Perda itu, maka Bimex bisa melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Setelah RUPS, mereka bisa melakukan pergantian personel. Karena dalam Perda diatur personelnya sampai jelang RUPS. Nanti RUPS yang punya kewenangan menentukan siapa direkturnya, siapa direksinya, seperti itu,” ungkap Edwar Samsi, Senin (27/9).

Sebenarnya, lanjut politisi yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini, sudah tidak ada masalah lagi dengan Bimex. Perubahan bentuk hukum Bimex dari PD ke PT merupakan mandataris sudah jadi keharusan mandat dari Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017.

“Jadi, harus melaksanakan perubahan bentuk hukum tersebut. Kemudian untuk kegiatan-kegiatan Bimex nanti, dikendalikan oleh personalianya yang ditentukan melalui RUPS. Termasuk memilih siapa yang akan menjadi direksinya. Sedangkan untuk penyertaan modal, itu di tahun 2021 belum ada. Tapi untuk tahun 2022 kemungkinan ada, tapi akan dilihat dulu nanti,” singkat Edwar.

Sebelumnya dari Direktur PT. Bimex Ir Frentindo menyampaikan, dalam waktu dekat pihaknya melaksanakan RUPS. “Kita sedang mempersiapkan untuk melaksanakan RUPS perdana setelah Bimex perubahan bentuk status hukumnya. Mungkin bulan depan. Karena, sekarang sudah penghujung September,” kata Frentindo. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *