Suimi Fales Sampaikan 5 Hal Penting, Rakernas Dekopin

BENGKULU, JEJAKKEADILAN.COM– Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) terjadi perubahan tempat pelaksanaannya. Dijadwalkan sebelumnya Rakernas akan digelar di Hotel Sahid Surabaya Jalan Sumatera No. 1 – 15, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur 60281 berpindah ke Surabaya Suites Hotel Jalan Pemuda No. 33 – 37, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 6027.

Perubahan tempat ini berdasarkan surat Pimpinan Paripurna Dewan Koperasi Indonesia nomor 164/DEKOPIN/U/IX/2021. Dalam surat tersebut dijelaskan alasan perpindahan tempat pelaksanaan Rakernas mengingat ruangan hotel perencanaan semula terlalu kecil hingga melanggar peraturan penegakan Prokes Covid-19.

Melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (02/10/21) malam Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Bengkulu sekaligus Ketua Dekopin Wilayah Provinsi Bengkulu, Suimi Fales menyampaikan lima hal penting pada Rakernas tersebut yaitu:

  1. Provinsi Bengkulu telah sukses menyelenggarakan Musyawarah Wilayah pada Kamis, 17 Juni 2021, dan secara aklamasi memilih Sdr. Suimi Fales,SH,MH selaku Ketua DEKOPINWIL Provinsi Bengkulu. Penetapan kepengurusan sebagaimana Surat Keputusan Ketua Umum DEKOPIN Nomor : SKEP/61/DEKOPIN-E/VI/2021 untuk masa jabatan 2021-2026 terhitung mulai tanggal 23 Juni 2021. Tantangan kami kedepan adalah bagaimana mengkonsolidasikan seluruh potensi dan kekuatan yang ada untuk membangun perkoperasian di Provinsi Bengkulu sebagai sebuah gerakan dan potensi ekonomi. Saat ini Provinsi Bengkulu tengah membangun akses pendukung konektivitas untuk menunjang kegiatan perekonomian. SDA dan potensi kelautan yang tidak sedikit, serta komposisi penduduk usia produktif besar adalah modal utama bagi provinsi Bengkulu untuk terus tumbuh dan berkembang, termasuk dalam pembangunan perkoperasian.
  2. Kami berkeyakinan dapat membangun hubungan yang harmonis dengan Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, serta stakeholders terkait lainnya, mengingat fungsi DEKOPINWIL sebagai mitra pemerintah.
  3. Kami berharap pertemuan ini akan melahirkan ide-ide terobosan, keputusan-keputusan fundamental, dan rencana-rencana strategis yang akan memperkuat eksistensi koperasi Indonesia, termasuk kejelasan pembagian kewenangan antara DEKOPIN, DEKOPINWIL dan DEKOPINDA, demi terbangun hubungan kerja yang harmonis, transparan, solid dan produktif dalam bingkai semangat kebhinekaan dan kegotongroyongan, dengan cara saling menghormati dan menghargai.
  4. Bagi kami, Rakernas adalah momentum awal segenap pengurus DEKOPINWIL untuk segera bekerja. Menghasilkan program-program kerja berkualitas untuk mewujudkan visi dan misi DEKOPIN. Saya yakin kawan-kawan yang dipercaya menempati posisi kepengurusan adalah orang yang tepat, baik dari aspek pengalaman, dedikasi, komitmen dan passion dalam berorganisasi.
  5. Dunia mengalami perubahan yang sangat cepat atau disrupsi, kita memasuki abad milenial dan fase teknologi 4.0 dengan tantangan yang tidak terduga, seperti Pandemi Covid-19 yang telah menata ulang banyak sendi kehidupan manusia. Tanpa adaptasi, kolaborasi dan inovasi, kita akan tertinggal jauh. Perkoperasian Indonesia memanggil kita semua untuk berbenah, belajar untuk menerima perubahan! Heraklitus, seorang filsuf Yunani pernah berkata : “Nothing endures but change”, tidak ada yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *