Ada Nilai Sejarah Dan Budaya, Air Sebakul Bakal Jadi Tempat Wisata Budaya

Bengkulu, Jejakkeadilan.com – Nama Air Sebakul akhir-akhir ini sering muncul di publik. Nama desa itu, bukan sekedar nama tetapi mengandung sejarah dan budaya. Diberitakan sebelumnya, nama desa tersebut diambil dari nama air yang membentuk sebuah wadah dikenal warga setempat bakul. Air tersebut tidak pernah kering meski kemarau panjang.

Dari cerita warga, air tersebut memiliki unsur mistis dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Cerita dari mulut ke mulut, turun temurun warga sekitar menyebut dahulu sering warga yang datang dari negeri tetangga (Provinsi tetangga) berkunjung ke air tersebut hanya ingin mengambil obat.

Hal tersebut menjadi sorotan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Eri Yulian Hidayat. Ia mengatakan Bengkulu kaya akan budaya. Salah satunya budaya warisan warga desa air sebakul.

“Cerita air sebakul adalah potensi wisata budaya layak untuk kita kembangkan. Kita mendukung jika desa air sebakul ingin mengembangkan wisata budaya warisan warganya,” kata Eri Yulian Hidayat.

Lebih lanjut Eri Yulian Hidayat mengatakan, “Nanti pihaknya akan berkolaborasi dengan dinas terkait untuk membantu pengembangan potensi wisata budaya air sebakul. Saya optimis Bengkulu akan menjadi tujuan wisata budaya wisatawan asing,” tutupnya. (JK/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *