Etika Digital Dalam Menggunakan Sosial Media

0
Etika Digital Dalam Menggunakan Sosial Media
Etika Digital Dalam Menggunakan Sosial Media

Bengkulu, jejakkeadilan.com– Di era digital, informasi telah berkembang pesat di seluruh dunia. Tetapi tahukah bahwa dalam menggunakan sosial media harus menggunakan etika didalamnya?banyak sekali penggunaan sosial media yang asal”an atau tidak tanggung jawab dengan informasi yang dibagikan sehingga timbul isu yang simpang siur atau biasa sekarang disebut hoax.

Mengapa kita harus menggunakan etika dalam bersosial media? Karena informasi yang kita bagikan haruslah menggunakan pertanggung jawaban  dari pembagi informasi jika tidak adanya etika digital  informasi yang kita terima pastinya tidak bisa kita pertanggung jawabakan

Jejaring sosial mulai yang dapt memuat informasi seperti twitter,youtube,facebook,instagram dan masih banyak lagi disitus itupun harus menggunakan etika dalam penyampainya seperti youtube batasan usia untuk informasi dewasa dll .

Dengan menerapkan berkomentar positif pada postingan yang ada di media

Membentuk citra diri yang positif kemudian menghormati privasi orang lain sudah termasuk etika dalam berdigital atau menggunakan sosial media.

Pengguna media digital memiliki kemampuan untuk menciptakan dan memberlakukan aturan dan tata krama di internet (netiket), panduan tentang sikap yang sesuai atau yang melanggar netiket, pengetahuan dan pengalaman berinteraksi dan bertransaksi di dunia digital, serta pengetahuan melakukan evaluasi etika digital.(**)

  • Nama: widya dwi putri
  • Instansi:Universitas Bengkulu
  • Npm:D1E021091

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here