Anggota DPRD Usin Sembiring Apresiasi DLHK Provinsi Bengkulu Terkait Pengolahan Sampah

BENGKULU – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring menggelar diskusi bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, Jumat (17/06/2022).

Dalam diskusi ini, Usin mengatakan DPRD tertarik dengan cara pengurangan sisa produksi rumah tangga lebih dari 4 Kg/hari. Sekitar 70% dari sampah ini dikumpulkan meurut jenisnya dan diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Ia juga mengapresiasi DLHK Provinsi Bengkulu yang telah menginisiasi diskusi tentang aspek pengelolaan lingkungan hidup khusus untuk wilayah perkotaan.

“Dari hasil diskusi ini kita akan merencanakan hal-hal kecil yang mungkin dianggap orang lain tidak bermanfaat tetapi berdampak sesuatu yang besar bagi masalah persampahan di Kota Bengkulu bahkan di ibu kota kabupaten di Provinsi Bengkulu” kata Usin.

Usin menyampaikan, saat ini sampah kerap menjadi sumber persoalan di Kota Bengkulu. Salah satu yang menjadi akibat dari penumpukan sampah yang dibiarkan yakni masalah banjir.

“Kita tahu salah satu penyebab banjir yang kerap terjadi di Kota Bengkulu itu disebabkan tidak adanya kesadaran masyarakat akan sampah,” sampai Usin.

Padahal, sambung Usin, sampah bisa saja menjadi bermanfaat jika diolah dengan baik. Sampah yang dikelola dapat menjadi sumber ekonomi baru.

“Baik itu sampah rumah tangga maupuan sampah limbah produksi lain. Padahal sampah memiliki potensi ekonomi apabila dilakukan reproduksi dengan formala yang tepat,” kata dia.

“Kami selaku komisi yang membidangi tentu akan memberikan dorongan agar pengelolaan sampah kita tertata dengan baik terutama dalam membangun kesadaran di tengah masyarakat,” tutup Usin. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *