UINFAS Bengkulu Gelar Sosialisasi Kantin Halal Dihadiri Balai POM dan Ketua MUI Bengkulu

BENGKULU, BERITA301 Dilihat

Bengkulu, jejakkeadilan.com – Halal Center UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu mengadakan Sosialisasi dan Edukasi Kantin Halal dengan menghadirkan Kepala Balai POM dan Ketua MUI Provinsi Bengkulu juga Auditor Halal yang dilaksanakan di Aula Jaman Nur Pasca Sarjana UIN fatmawati Sukarno Bengkulu, Selasa (28/06/2022)

Halal Center yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu ini melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Kantin Halal dengan tujuan untuk mengaplikasikan peran kantin peduli halal dan Kesehatan demi menuju kampus unggulan dengan peserta 100 orang yang berasal dari Pelaku Usaha baik mahasiswa dan pengusaha kantin di kampus maupun di luar kampus.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. H. Khairudin, M.Ag, Wakil Rektor II, Dr. H. Zubaedi, M.Ag., M.Pd, Kepala Biro AUAK, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH., MH, Ketua LPPM, Dr. Suhirman, M.Pd, Kepala Balai POM Provinsi Bengkulu Yogi Abaso Mataram, S.Si, Ketua MUI Provinsi Bengkulu, Prof. Dr. H. Rohimin, M.Ag, Auditor Halal, Qomariah Hasanah, M.Si, serta Pengelola Halal Center UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Halal Center UINFAS Bengkulu Sosialisasi dan Edukasi Kantin Halal

Dalam Sambutannya Wakil Rektor II, Dr. H. Zubaedi, M.Ag. mengungkapkan apresiasi luar biasa atas kegiatan sosialisasi dan pembentukan Halal Center ini.

“Kami menyambut dengan sangat baik dan sangat mengapresiasi kegiatan ini, selain demi meningkatkan citra kampus islam dengan menciptakan kantin berbasis halal atau syariah, kegiatan ini juga bermanfaat bagi para pelaku usaha, baik mahasiswa maupun masyarakat, dengan terciptanya kantin halal juga terutama dapat lebih menciptakan makanan yang higienis dan terjamin Kualitas dari makanan tersebut sehingga ini baik bagi kesehatan kita semua.” Ungkap beliau.

Beliau berharap terbentuknya halal center dan kantin halal ini dapat memberikan dampak besar bagi para mahasiswa pelaku usaha, pengusaha kantin yang ada di kampus maupun di luar kampus.

“Harapan kita Pengusaha kantin UINFAS dapat menindaklanjuti materi ini dan mengaplikasikannya dalam manajemen dan mengelola kantinnya sehingga bersertifikasi halal dan toyiban dengan memperhatikan aspek halal dan higienis nya, sehingga produk yang di konsumsi mahasiswa maupun dosen dan karyawan terjamin halal dan standarnya. Bagi pihak kantin yang di luar juga harapannya dapat menerapkan standarisasi halal sehingga dapat memberikan keyakinan kepada konsumennya. Terciptanya kantin halal ini juga diharapkan mampu membuat mahasiswa dapat berfikir lebih positif dinilai dari makanan yang dikonsumsi, juga bagi para mahasiswa pelaku usaha dapat merintis kantin yang halal dengan mengikuti perkembangan teknologi saat ini” Tutupnya.

Halal Center UINFAS Bengkulu Sosialisasi dan Edukasi Kantin Halal

Khozin Zaki M.A selaku pengelola Halal Center mengungkapkan bahwa Halal Center akan melakukan Pelatihan Proses Pendamping Halal (PPH) bagi Mahasiswa dan Training Of Trainers bagi dosen.

“Halal center UINFAS Bengkulu ini kedepan akan punya beberapa mata agenda, terkait dengan pelatihan Proses Pendamping Halal (PPH) yang targetnya mahasiswa, sehingga Ketika lulus mereka memiliki sertifikasi pendamping halal dan Training Of Trainers PPH untuk para dosen yang akan menjadi pelatih dari para pendamping halal. Kedepannya kita juga akan fokus kepada Lembaga pemeriksa halal supaya nanti Ketika kita harus melaksanakan aktivitas sertifikasi halal kita sudah punya Lembaga pendamping dan juga Lembaga pemeriksa yang insya allah dalam waktu dekat akan kita realisasikan.” Ungkapnya.

Beliau juga mengungkapkan bahwa pengelola Halal Center ini berasal dari sumber daya manusia yang ada di kampus UINFAS Bengkulu seperti Sumber Daya Sains yang fokus pada kajian-kajian sains halal, Sumber Daya Manusia Syariah yang konsern pada kajian Fiqih dan keagamaan tentang Halal, dan Sumber Daya Manusia bagian Informasi dan Teknologi (IT) yang fokus untuk mempelajari submit dan system untuk sertifikasi halal yang saat ini sudah berbasis teknologi.

Kegiatan dilanjurkan dengan Sosialisasi dan Edukasi Kantin Halal bersama narasumber dari BPOM Prov. Bengkulu, Yogi Abaso Mataram, S.Si, Ketua MUI Provinsi Bengkulu, Prof. Dr. H. Rohimin, M.Ag, dan Auditor Halal, Qomariah Hasanah, M.Si, dengan di moderatori oleh Ayu Yuningsih, M.E.K (JN/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *