Tim penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara Melaksanakan Supervisi Desa Pelaksana Tertib Administrasi Di Nias Utara

NIAS UTARA, JejakKeadilan.Com– Tim penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Supervisi Desa Pelaksana Tertib Administrasi, PAAR, UP2K, Hatinya PKK dan Iva Tes di Kabupaten Nias Utara Tahun 2023, yang di ikuti oleh Tim Pengerak PKK Kabupaten Nias Utara, di masing-masing TP-PKK Kecamatan dan Desa di Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Aula Pendopo Bupati Nias Utara. Kamis, (26/01/2023).

Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Nias Utara Ny. Arismanwati Amizaro Waruwu dalam laporannya menyampaikan bahwa 10 Program Pokok PKK telah memperlihatkan hasil yang nyata melalui kegiatan pokok program PKK, yaitu :

Bacaan Lainnya

1. Pelaksanaan kegiatan rapat rutin PKK sekali dalam satu bulan.

2. Pembentukan Kepengurusan Baru TP. PKK Kab. Nias Utara sesuai dengan Hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021.

3. Pelaksanaan kegiatan RAKON dan LP3 PKK Tahun 2022 dan hasil keputusan/notulen telah disampaikan di 11 (sebelas) Kecamatan untuk ditindaklanjuti.

4. Pembenahan Administrasi PKK.

5. Melaksanakan kegiatan keagamaan/kegiatan sosial.

6. Melaksanakan sosialisasi PAAREDI di beberapa Sekolah Dasar yang ada di Kab. Nias Utara.

7. Pelaksanaan keterampilan pembuatan kripik pisang, singkong dan beberapa kue basah serta membuat tempat tisu dari manik-manik.

8. Pelaksanaan Pembukaan lahan hatinya PKK.

9. Melaksanakan sosialisasi percepatan penurunan stunting.

10. Pelaksanaan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan anak balita.

11. Melaksanakan Sosialisasi CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dibeberapa sekolah.

12. Melaksanakan monitoring PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) bersama Dinas Pendidikan Kab. Nias Utara.

13. Melaksanakan monitoring pada pelayanan KB-Kes di 11 Kecamatan.

Rencana program TP. PKK Kabupaten Nias Utara Tahun 2023, yaitu :

1. Melanjutkan 10 Program Pokok PKK.

2. Pelaksanaan pembinaan lanjutan di Desa binaan sesuai dengan kategori lomba.

3. Menjalin kerjasama lintas sektoral sekaligus membuat komitmen dalam menyukseskan 10 program pokok PKK.

Bupati Nias Utara melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bapak A’aro’o Zalukhu, S.Pd., MM menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini, sebagai langkah yang baik dalam meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. semoga PKK di Kabupaten Nias Utara dapat menjalankan amanah dengan baik dan penuh tanggungjawab yang akan disampaikan oleh Tim Supervisi PKK Provinsi Sumatera Utara.

Ditambahkannya, kedatangan Tim Supervisi PKK Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Nias Utara dapat menjadi momen pertukaran informasi dan pengetahuan serta memotivasi dan meningkatkan semangat guna menambahkan keterampilan dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui 10 (sepuluh) program pokok PKK.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Tim Supervisi Ibu Tama Br. Surbakti menyampaikan apresiasi atas kesediaan daerah dalam mengikuti dan mensukseskan kegiatan ini.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk program kerja PKK demi menghadirkan Gerakan PKK ditengah-tengah keluarga dan disegenap lapisan masyarakat guna mewujudkan peran PKK sebagai pendukung program Pemerintah dalam bidang pemberdayaan masyarakat melalui Gerakan PKK.

Ibu Tama Br. Surbakti menyampaikan adapun tujuan kegiatan ini untuk melaksanakan tanggung jawab PKK sebagai salah satu Lembaga Kemasyarakat Desa (LKD) di desa dan kelurahan melalui 10 program PKK dengan sistem rentang kendali PKK demi perubahan PKK gemilang serta bermartabat tentunya.

Secara umum kegiatan pembinaan supervisi melalui bidang kelembagaan, bidang administrasi dan bidang kelompok kerja yang mengelola 10 program pokok PKK dan berbagai perubahan program kerja yang menyesuaikan dengan kondisi berkembang serta terkait berbagai jenis lomba dalam rangka Hari Kesatuan PKK yang Tertib Administrasi, Pola Asuh Anak Remaja (PAAR), UP2K yaitu peningkatan pendapatan keluarga atau pemanfaatan lahan pekarangan, Hatinya PKK, dan Iva Tes.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara, Kepala OPD Lingkup Pemkab Nias Utara, TP-PKK Kabupaten Nias Utara, TP-PKK Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Nias Utara, Camat Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan Kepala desa Lingkup Kabupaten Nias Utara.(Sudarmin Nazara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Ping-balik: Digi Tobi