Polda Jateng Gelar Operasi Keselamatan Berlalu Lintas Jelang Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2023

KOTA SEMARANG| JejakKeadilan.com – Guna menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam berlalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, Polda Jateng menggelar operasi cipta kondisi dengan sandi Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023.

Pembukaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi tahun 2023 bertajuk “Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama Dan Utama” ditandai dengan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolda Jateng pada Selasa, (7/2/2023) pagi.

Bacaan Lainnya

Apel gelar pasukan dipimpin Irwasda Polda Jawa Tengah Kombes Pol Untung Sudarto dan diikuti personil gabungan Polri, TNI dan Dishub Propinsi Jawa Tengah.

Pada operasi tersebut diterjunkan sebanyak 3.331 personel, gabungan Polri, TNI, dan pemangku kepentingan terkait lainnya sebagaimana keterangan Irwasda dihadapan pers usai apel gelar pasukan.

masukkan script iklan disini
Irwasda menyampaikan, operasi ditekankan pada upaya preventif dan preemtif disamping upaya penegakan hukum bagi masyarakat yang melanggar.

“Dalam pelaksanaan operasi keselamatan ini, 40 persen preventif, 40 persen preemtif, dan 20 persen penegakan hukum,” katanya.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Polda Jateng, jumlah pelanggaran lalu lintas selama 2022 tercatat mencapai 1,068 juta pelanggaran.

Irwasda menjelaskan, jumlah tersebut naik sekitar 71 persen di banding tahun sebelumnya yang mencapai 374 ribu pelanggaran.

“Peningkatan juga terjadi pada pemberian sanksi yang mencapai 788 ribu tilang pada 2022.” Jelasnya

“Sedangkan pemberian tilang naik 68 persen dibanding 2021,” Lanjutnya.

Melalui kegiatan operasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk disiplin dalam berlalu lintas, sehingga dapat menekan angka kecelakaan, pelanggaran, serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

(Hms/Doni Kurniawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *