Pemkot Gunungsitoli Gelar Musrenbang Di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Tahun 2023

GUNUNGSITOLI, JejakKeadilan,Com– Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Tahun 2023, Selasa (14/02/2023).

Satu hal yang menarik di Musrembang ini ialah di tahun 2023 Pemerintah Kota Gunungsitoli akan membangun Balai Latihan Keterampilan Kerja (BLK) dalam rangka memperdayakan keterampilan kerja Masyarakat bidang pelatihan praktek Kerja, menyedikan peralatan kerja dan Bangunan Ruangan Workshop dan ruangan Lokal untuk kapasitas 20 orang peserta Latihan kerja dan menghadirkan para pelatih keterampilan, Agar Masyarakat yang masuk Balai Latihan Kerja (BLK) tersebut bisa terampil bekerja siap Pakai, di
Tahun 2024 diharapkan BLK bisa Aktif dan berjalan.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang) Kota Gunungsitoli, Karya Septianus Bate’e,S.STP, MAP, menyampaikan bahwa, sepanjang 2022 Pemerintah Kota Gunungsitoli telah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Gunungsitoli selama ini dan hasilnya dapat dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gunungsitoli, bahwa adanya kemajuan dan Peningkatan Kesejahteraan masyarakat bidang ekonomi serta Index Perkapita Perdagangan di Kota Gunungsitoli Naik walaupun masih ada disana sini yang perlu dibenahi oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli, kedepan akan upayakan, jelasnya.

Lebih lanjut Kepala Bappelitbang menjelaskan untuk sektor Pertanian bahwa, Kota Gunungsitoli telah membuat penangkaran Pembibitan Pinang batara, Padi, bibit Jagung dan Pembibitan Palawija serta Pembibitan Ikan Air Tawar, kedepan nantinya Pemerintah Kota Gunungsitoli lewat dinas yang terkait akan membagikan bibit ini kepada Kelompok-Kelompok Tani yang Produktif di kota Gunungsitoli.

Sementara Kepala UPTD Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara Jamili Gulo menyampaikan Hutan ada 3, hutan Produktif , hutan Adat, hutan Lindung. Hutan Produktif juga dapat di manfaatkan masyarakat sebagai paru-paru Kota juga kelompok-kelompok Tani menggarap Lahan Hutan Produktif.

Pihaknya telah bekerjasama kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli terkait status hutan dan tapal batas wilayah hutan dan Pemerintahan Desa di Kota Gunungsitoli, kemudian pihak tidak tertutup kemungkinan apa bila Lahan Hutan Produktif akan digunakan untuk masyarakat kelompok Tani tentunya pengelolah lahan mengikuti aturan yang ada, dan dapat dimanfaatkan untuk Program Pertanian Tanan Jagung Hibrida dan lainnya, ujarnya.

Juga Camat Gunungsitoli Idanoi, Elifati Waruwu S,Pd,SD ,MM dalam sambutannya mengucapkan terimakasih Kepada Pemerintah kota Gunungsitoli dan Kepala Bappelitbang yang telah memaparkan uraian capaian data bersumber dari BPS Kota Gunungsitoli dengan detail, Ekspos capaian Pembangunan yang sudah berjalan dan akan direncanakan dalam 2024 Tahun yang akan datang. Usai pemaparan di lanjutkan dengan sesen Tanya Jawab.

Selanjutnya Camat Idanoi juga menyampaikan Musrembang ini meminta kepada UPTD Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara agar dapat bekerja sama kepada Seluruh Kepala Desa se-kecamatan dalam mengukur dan menentukan Batas wilayah Kepemilikan dan pemetaan Profil di setiap Desa.

Camat Idanoi juga menekankan kepada Para Kepala Desa agar Penyerapan Anggaran dan Pembuatan Progres Dana Desa agar di selesaikan Laporan tepat waktu sesuai dengan harapan kita bersama.

Pada Musrembang ini kita nantinya segera membentuk Tim dalam menentukan Usulan yang yang Prioritas dalam Pembangunan Desa, juga menentukan usulan Pembangunan di Kecamatan untuk tingkat Kota ucapnya mengakhir.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Idanoi, Elifati Waruwu,S,Pd. SD, MM. Kepala Bappelitbang Kota Gunungsitoli, Karya S. Bate’e SSTP,MAP. Kadis Perkim Ir Ampilius Nazara, Sejumlah SKPD dan jajaran nya, Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Yunius Larosa, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. (Sudarmin Nazara).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Ping-balik: why not find out more