Wakil Wali Kota Gunungsitoli Secara Resmi Membuka STQ Tahun 2023

GUNUNGSITOLI, JejakKeadilan Com– Untuk mengumpulkan para peserta yang memiliki potensi di bidang Tilawah dan Hifzhil Qur’an, diadakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Kota Gunungsitoli bertempat di Mesjid Al-Furqan Kota Gunungsitoli, Senin (06/03/2023).

Pelaksanan STQ tingkat Kota Gunungsitoli dibuka secara resmi dengan ditandai pemukulan bedug oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE.,M.Si.
Dalam sambutannya, Sowa’a menyampaikan bahwa STQ merupakan sarana untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan seni membaca dan menghafal Al-Qur’an, meningkatkan pemahaman tentang Ayat-ayat Al-Qur’an dan juga sebagai sarana untuk melestarikan dan menjaga keaslian Al-Qur’an. Selain itu, STQ juga menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai Qur’ani.

Bacaan Lainnya

“Atas nama Pemerintah Kota Gunungsitoli, saya mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan STQ tingkat Kota Gunungsitoli yang akan berlangsung mulai tanggal 6 s.d 7 Maret 2023. Kami senantiasa mendukung serta memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan STQ sebagai salah satu program Pemko Gunungsitoli dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat umat beragama, khususnya masyarakat Islam melalui seleksi seni membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar,” ucap Sowa’a.

Sementara itu, Sekretaris Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu sekaligus sebagai Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawati Qur’an (LPTQ) Kota Gunungsitoli dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba Tilawatil Qur’an di Kota Gunungsitoli bukan merupakan hal yang baru. Bahkan setiap tahunnya, Kota Gunungsitoli selalu turut andil dalam menyelenggarakan MTQ/STQ.

“Kami atas nama LPTQ Kota Gunungsitoli mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemko Gunungsitoli dan berbagai pihak lain yang senantiasa mensuport dan menganggarkan dana untuk kegiatan LPTQ setiap tahunnya sehingga penyelenggaraan STQ Tingkat Kota Gunungsitoli dapat kita wujudnyatakan,” ujar Oimonaha.

Sebelumnya, Ketua Tim Pelaksanan Kegiatan STQ Dafril Hulu, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan STQ adalah untuk mengumpulkan para peserta yang memiliki potensi di bidang Tilawah dan Hifzil Qur’an melalui proses pemilihan berjenjang pada tingkat kecamatan dan kafilah khusus untuk selanjutnya diseleksi pada tingkat Kota. Selanjutnya, menyelenggarakan training center kepada 6 (enam) peserta terpilih dari STQ dan memfasilitasi keberangkatan kafilah Kota Gunungsitoli untuk mengikuti STQH Ke-18 Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang direncanakan berlangsung di Kabupaten Padang Lawas.

Selain itu, Dafril juga menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti seleksi antara lain, Bidang Tilawah dengan jumlah 21 peserta diantaranya tingkat dewasa putra berjumlah 5 (lima) peserta, tingkat dewasa putri 6 (enam) peserta, tingkat anak-anak putra 5 (lima) peserta dan tingkat anak-anak putri 5 (enam) peserta. Bidang Hifzil dengan jumlah 31 peserta yang terdiri dari peserta yang diseleksi utusan dari masing-masing Kecamatan Gunungsitoli, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Utusan dari sekolah-sekolah serta pondok pesantren mulai tingkat SD/MI hingga tingkat SMA/Madrasah Aliyah sederajat.

Turut Hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Drs. Arham Dusky Hia, M.Si, Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Arianto Lase, Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K, Ketua Pengadilan Agama Kota Gunungsitoli, unsur Perangkat Daerah Lingkup Pemko Gunungsitoli. (Sudarmin Nazara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar