Ketua DPRD BS mengingatkan Generasi Muda Berpartisipasi dalam Pemilu 2024

Ketua DPRD BS Barli Halim

Bengkulu Selatan, JejakKeadilan.com – Ketua DPRD BS Barli Halim, mengingatkan kepada kaum muda untuk ikut menyukseskan pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Menurutnya, keterlibatan generasi muda yang dikategorikan sebagai generasi z maupun generasi milenial sebagai pemilih pemula dalam pemilu sangat penting.

Bacaan Lainnya

“Sangat penting, mengingat memang jumlahnya pada setiap gelaran pemilu relatif besar ya. Oleh karena itu, kita minta (generasi muda) untuk bisa memberikan partisipasinya,” ujarnya, Rabu (7/2/2024).

Terlebih lagi, menurutnya, pemilih pemula merupakan generasi yang akan memberikan kontribusi besar untuk perubahan.

Dia melihat, harus ada sosialisasi awal kepada pemilih pemula terlebih dahulu sebelum mereka menentukan pilihan agar tidak merasa antipati dengan politik. Berdasarkan pengamatanya selama ini, pemilih pemula ini adalah generasi Z atau generasi digital yang tumbuh dan berkembang dengan ketergantungan terhadap teknologi.

Para bakal calon legislatif (Bacaleg) dapat menggunakan kesempatan mereka melakukan kampanye lewat gadget atau media sosial.

“Sistemnya sederhana saja mulai berkampanye melalui gadget karena itu kesenangan mereka sekarang, kita tahu juga mereka dari dini telah mengenal teknologi dan internet,” tuturnya.

Ia berharap dari sosialisasi yang dilakukan oleh pihak terkait kepada para pemilih pemula ini bisa membuka pemikiran mereka untuk menjadi pemilih yang cerdas dan bisa menilai dari program, visi misi dan dari latar belakang calon pemimpin yang akan mereka pilih.

“Pembelajaran kepada generasi Z ini supaya tidak menerima mahar apapun, artinya jangan karena sesuatu itu baru kita ingin memilih, saya berharap semua itu tidak terjadi,” pungkasnya. (Adv)