DPRD Minta Pemerintah Gencar Sosialisasi Sektor PKB

DPRD Minta Pemerintah Gencar Sosialisasi Sektor PKB

Mukomuko, JejakKeadilan.com- DPRD Mukomuko meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov), melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) untuk terus meningkatkan sosialisasi terkait Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Pasalnya sosialisasi merupakan salah satu kunci penting, dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (APD) pada sektor PKB.

Bacaan Lainnya

Anggota Komisi II DPRD Mukomuko Sukandi, SE,. MM mengatakan, sosialisasi atau kampanye secara masif menjadi penting, untuk mewujudkan peningkatan pendapatan sektor PKB.

“Ini kita sampaikan agar pemerintah daerah (Pemda) jangan mudah puas dengan capaian pendapatan sektor PKB yang ada saat ini,” ungkapnya (3/4/2024).

Lanjut Sukandi, sosialisasi yang lebih gencar dari pemda harus dilakukan. Tidak kalah pentingnya dalam sosialisasi itu, bagaimana menyadarkan masyarakat untuk membayar PKB.

“Kita bisa mencontoh dari luar daerah, dimana pemda di sana dalam berbagai kesempatan selalu menyosialisasikan agar masyarakat dapat membayar pajak,” kata Sukandi.

Menurut Sukandi, adapun momentum yang digunakan Pemprov Jambi dalam sosialisasi, seperti pada saat menuaikan ibadah salat Jum’at ataupun momentum lainnya.

“Tentu hal sedemikian patut dicontoh dan diterapkan di Provinsi Bengkulu khususnya daerah Mukomuko. Sehingga nantinya PAD dari sektor PKB ini bisa terus meningkat. Apalagi diketahui, di Provinsi Bengkulu masih ada masyarakat yang tidak taat membayar PKB,” ujarnya.

Sukandi menekankan, sosialisasi juga harus menjelaskan bahwa Samsat bukan hanya sebagai tempat pembayaran pajak, tetapi juga sebagai pusat sosialisasi dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Dalam sosiaisasi, jangan hanya menitik beratkan wajib membayar pajak. Tapi juga untuk menjelaskan bagaimana uang pajak tersebut digunakan untuk pembangunan di mukomuko,” Imbuhnya. (adv)