10 Manfaat Jus Wortel yang Tidak Terduga

0
10 Manfaat Jus Wortel yang Tidak Terduga
10 Manfaat Jus Wortel yang Tidak Terduga

JEJAKKEADILAN.COM- WORTEL merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak disukai orang.

Wortel bisa Anda konsumsi begitu saja atau diolah dalam berbagai hidangan.

Wortel telah lama diketahui mengandung berbagai gizi dan nutrisi.

Wortel baik untuk Anda, dan jus wortel juga. Secara khusus, delapan ons jus wortel sangat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda akan potasium, serta vitamin C dan K.

Yang lebih mengesankan ialah dosis vitamin A yang luar biasa, 255 persen dari nilai harian yang diberikan oleh segelas jus wortel.

Porsi besar vitamin A ini berasal dari beta karoten, yang selain menjadi senyawa yang memberi warna oranye pada wortel, juga merupakan karotenoid kaya antioksidan yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Akhirnya, jus wortel juga memiliki sejumlah besar lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid lain yang juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Berikut ini beberapa manfaat jus wortel, seperti dikutip laman Purewow.

1. Meningkatkan Penglihatan

Lutein, zeaxanthin, beta karoten dan vitamin C semuanya memainkan peran penting dalam memerangi kerusakan mata oksidatif dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

2. Membuat Kulit Anda Bersinar

Anda mungkin sudah tahu bahwa vitamin C adalah bahan perawatan kulit yang kuat.

Anda bahkan mungkin menggunakan serum atau pelembab vitamin C) dan sebuah penelitian terbaru dari Selandia Baru menjelaskan alasannya.

Menurut peneliti, antioksidan kuat ini bisa meningkatkan produksi kolagen tubuh.

3. Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Per ulasan 2013 yang diterbitkan di BMJ ini, asupan kalium yang cukup memainkan peran utama dalam mengatur dan menjaga tekanan darah yang sehat dan mengurangi risiko stroke.

Mengonsumsi segelas jus wortel akan memenuhi 15 persen dari kebutuhan kalium harian tubuh Anda.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Setiap dokter gigi akan memberi tahu Anda bahwa wortel dan jus wortel baik untuk gigi Anda, karena mengandung vitamin C dan keratin yang menurut penelitian membantu memperkuat, melindungi, dan memperbaiki email gigi, menurut penelitian yang dipublikasikan di Matrix Biology.

5. Sumber Energi yang Baik

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga tingkat energi yang sehat dan jus wortel bisa membantu Anda mencapai ini sambil memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh Anda.

6. Membantu Meningkatkan Fungsi Kognitif

Satu penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Medicine menemukan bahwa jus buah dan sayuran bisa meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Para ilmuwan berhipotesis bahwa ini karena senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang dikandungnya.

7. Membantu Melindungi Hati

Hal lain yang cukup menarik tentang karotenoid adalah bahwa zat gizi mikro yang kaya antioksidan ini memiliki sifat antiinflamasi yang diyakini bisa meningkatkan kesehatan hati Anda.

Menurut studi Universitas Emory ini, lutein yang ditemukan dalam jus wortel adalah salah satu dari beberapa karotenoid yang menjanjikan sebagai agen terapeutik untuk pengobatan penyakit hati berlemak non alkohol.

8. Mengurangi Risiko Kanker

Penelitian tabung awal menunjukkan bahwa berbagai senyawa yang ditemukan dalam jus wortel memiliki efek anti kanker.

Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam Anti Cancer Agents in Medicinal Chemistry, lutein dan beta karoten ditemukan secara efektif memperlambat pertumbuhan dan bahkan membunuh sel leukemia.

9. Membantu Meningkatkan Metabolisme

Jika metabolisme Anda agak lamban, jus wortel mungkin tepat seperti yang diperintahkan dokter.

Selain vitamin A dan C, jus wortel juga menawarkan jumlah vitamin B yang layak khususnya vitamin B6 yang membantu proses pencernaan dengan membantu memecah lemak, protein dan glukosa.

10. Membantu Mengatur Gula Darah

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa wortel ungu menjanjikan dalam hal ini.(fny/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here