Ketersedian Blangko E-KTP Di Provinsi bengkulu Hanya 5.000 Keping

Bengkulu, jejakkeadilan.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Bengkulu mencatat ketersediaan blangko e-KTP di Provinsi Bengkulu hanya menyisakan 5.000 keping.

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu Diah Irianti mengatakan atas ketersediaan blangko e-KTP yang terbatas, masing-masing satuan kerja Dukcapil Daerah diminta berhemat. “Kami telah mengusulkan 40.000 keping blangko e-KTP. Hanya saja yang disetujui 25 persen dari usulan. Sedangkan jumlahnya di daerah saat ini tersisa hanya 5.000 keping saja,” kata Diah, Rabu (15/11/2022).

Pembagian blangko tersebut mengalami penurunan dari 25 ribu blangko, mereka hanya menerima 5.000 blangko saja. “Karena emang kondisi stok blangko di pusat pun mulai menipis dan masih menunggu cetakan berikutnya,” kata Diah.

Dari stok 5.000 blangko tersebut pihak Dukcapil telah menyuplai setidaknya 3.000 blangko ke setiap daerah. Untuk mengantisipasi kekurangan belangko KTP dengan stok saat ini, Ia meminta dukcapil untuk mengutamakan masyarakat yang belum memiliki KTP. “Kami sudah mengimbau kepada seluruh dukcapil Kabupaten Kota se-Provinsi Bengkulu, agar bisa lebih hemat,” sambungnya.

Adapun masing-masing daerah yang melaporkan stok ketersediaan blangko e-KTP sebanyak 5.000 keping ini adalah Kota Bengkulu 500 keping, Kabupaten Seluma 750 keping, Kabupaten Rejang Lebong 500 keping, Kabupaten Kepahiang 500 keping, Kabupaten Lebong 500 keping, dan Kabupaten Bengkulu Utara 500 keping.

Namun demikian, Dukcapil juga turut mengimbau agar masyarakat yang mengalami KTP rusak, dapat mulai menggunakan digital ID. “Tahun depan mudah-mudahan sudah terintegrasi setidaknya 50 persen di daerah. Saat ini masih bertahap ke Pemerintah daerah,” ujarnya.

Digital ID sendiri merupakan aplikasi Identitas kependudukan yang mencakup semua data yang dibutuhkan. Seperti kartu keluarga, KTP anggota keluarga, Kartu vaksin dan data lainnya lengkap. “Kedepannya kita menggunakan KTP elektronik dan ada aplikasinya nanti. Masuknya menggunakan email pribadi, kami harap ini bisa membantu menghemat penggunaan belangko,” demikian Diah. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar

  1. Ping-balik: buy Blackberry Dream