Komisi IV DPRD Musi Rawas Lakukan Kunker Ke BPS Musi Rawas

Musi Rawas, jejakkeadilan.com – Komisi IV (Bidang Pembangunan) DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan mewujudkan kinerja yang terukur dan efektif. Untuk itu Ketua Komisi IV Yudi Fratama, SH, beserta anggota komisi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Badan Pusat Statistik (BPS) Mura, Rabu,01/2/2023.

Tim Komisi IV DPRD Mura tiba di kantor BPS Mura yang terletak di kompleks perkantoran Pemkab Mura, Muara Beliti, pada pukul 10.30 WIB dan diterima langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara, Dedi Fahlevi, S.ST, M.Si dan jajarannya.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui Komisi IV Bidang Pembangunan DPRD Mura memiliki delapan mitra kerja antara lain PUBM, PUCK TRP, Dinas Perkim, Bappeda, Litbang, Diknas, Bagian Administrasi Pembangunan dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa .

Anggota delegasi Komisi IV DPRD Kabupaten Musi Rawas yang hadir dalam kunker ini antara lain Yudi Fratama, SH (Ketua Komisi) Benny Chandra, SE, MM (Sekretaris Komisi), Doni Iskandar, Renny Widiastuti, S.E, sedangkan anggota komisi IV lainnya berhalangan ikut.

Kunker diawali dengan sambutan sekaligus menjadi momentum memperkenalkan diri bagi Kepala BPS Mura dan Muratara, Dedi Fahlevi karena baru sekitar lima bulan bertugas di daerah ini. Sebelumnya Kepala BPS Kota Pagaralam.

Baru satu bulan rolling (pergantian) alat kelengkapan dewan, Ketua Komisi IV DPRD Mura Yudi Fratama melakukan terobosan baru antara lain, mengutamakan data otentik terkait semua bidang dan tupoksi komisi pembangunan ini.

Ketua Komisi IV DPRD Mura Yudi Fratama, dalam sesi pidatonya mengungkapkan tujuan ia dan rekannya kunker ke BPS dalam rangka melaksanakan kerja yang berbasis data. Dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Musi Rawas.

“Meskipun kami menyadari bahwa BPS bukanlah mitra kerja Komisi IV, tetapi dalam setiap rapat dengan mitra kerja misalnya Bappeda maupun OPD lainnya selalu merujuk data dari BPS,” kata Yudi.

Yudi Fratama, SH, politisi muda PDI-P pernah menjadi Ketua DPRD Mura periode 2014-2019 itu juga mengaku penting bekerja dengan data yang benar sehingga kecepatan dan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat efektif sasarannya.

Mengawali paparannya, Dedi Fahlevi, menjelaskan lembaga tempatnya mengabdi (red:BPS), pantas disyukuri sebab sudah dipercaya oleh banyak institusi maupun individu mengenai kebutuhan data.

“Termasuk dunia perguruan tinggi membutuhkan data dari BPS. Mereka itu baik dosen, maupun mahasiswa tidak pernah mempertanyakan atau meragukan data atau metode pengumpulan data yang dilakukan oleh BPS,” ungkap Dedi.

Dedi Fahlevi yang mulai bertugas di Musi Rawas pada Agustus 2022, dimana sebelumnya menjadi Kepala BPS Kota Pagaralam, pada kesempatan ini menyampaikan informasi strategis sensus pertanian 2023, mengingat Musi Rawas konsentrasinya bidang pertanian.

“Sebagai pembina data kita BPS bisa membantu kelola data yang sektoral punya. Dengan data tersebut apa saja yang dapat kita ketahui dan kita analisis lalu dapat kita publikasikan ke masyarakat,” ungkap Dedi Fahlevi.

Dalam sesi diskusi Benny Chandra dan Yudi Fratama meminta BPS dapat lebih progresif lagi dalam penyajian data yang terupdate dan mudah diakses masyarakat.

Permintaan tersebut direspon Dedi Fahlevi yang mengungkapkan bahwa BPS Mura akan melanjutkan kerjasama dengan Pemkab Mura melalui OPD Kominfo dan Statistik. Untuk melakukan update data lalu dimasukkan ke aplikasi Allstats BPS yang bisa diunduh melalui aplikasi Play Store.

Salah seorang fungsional BPS Mura Ismed Inono dalam sesi diskusi menyatakan, selama 36 tahun dirinya kerja di BPS baru kali ini mendapatkan upaya anggota DPRD yang jemput bola.

“Selaku pegawai senior yang hampir pensiun saya mengapresiasi atas upaya Komisi IV DPRD Kabupaten Musi Rawas ini Melaku kunker, bersikap jemput bola dan meminta data pembangunan cukup detail,” ungkap Ismet. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Ping-balik: ข่าวบอล