Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Dapil II Dan Kepala Bappelitbang Kota Gunungsitoli Hadiri Musrembang Di Kecamatan Gunung Gunungsitoli Barat

GUNUNGSITOLI,JejakKeadilan.com– Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Gunungsitoli Barat Tahun 2023 di gelar dan diawali dengan membaca Do”a Pembukaan serta di Lanjutkan dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Rayaa, kemudian di teruskan dengan membaca Laporan Pelaksana kegiatan oleh Sekretaris Camat Rahmat F.Lase S.sos , Rabu, (15/02/2023).

Anggota DPRD Kota Gunungsitoli dari Dapil 2 Firman Zebua, SH dalam sambutannya menyampaikan berbagai usulan mengenai Program Pembangunan yang telah disampaikan oleh masing-masing perwakilan dari Desa, terkendalanya suatu Pembangunan dikarenakan masalah Anggaran yang tidak kaper dari Pusat.

Bacaan Lainnya

Tentunya merujuk dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPMJDes) yang masih belum terakomodir, oleh sebab itu Program Pembangunan untuk fasilitas umum merupakan prioritas utama dulu dengan tidak mengurangi dan melanggar aturan dan regulasi yang ada ujarnya.

Sementara Camat Gunungsitoli Barat, Ibu Fitelinamawati Hulu, SE.,M.Si. mengatakan bahwa, keberhasilan suatu pembangunan tentunya diawali dengan perencanaan yang betul-betul matang dan merupakan hasil usulan dari masing masing desa yang menjadi prioritas utama.

Melalui Musrenbang ini kiranya dapat menghasilkan kesepakatan prioritas pembangunan di berbagai aspek, baik dibidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, Infrakstuktur, dan lainnya dengan memperhatikan nilai-nilai keselamatan lingkungan dan adat kebiasaan lingkungan setempat dengan tidak mengurangi norma-norma kehidupan dalam mendukung Pemerintah Daerah dalam mempercepat proses Pembangunan di berbagai sektor.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang) Kota Gunungsitoli, Karya Septianus. Bate’e, SSTP. MAP, dalam penjelasannya bertindak sebagai Narasumber pada kegiatan MUSRENBANG RKPD Kecamatan Gunungsitoli Barat menyampaikan secara mendetail perencanaan pembangunan dan pencapaian yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kota Gunungsitoli.

Dimana rencana Pembangunan Daerah dirumuskan secara transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partipatif, terukur, berkeadilan, berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan, serta pelaksanaannya berorientasi dan berintergrasi pada tahapan dan regulasi regulasi yang ada.

Lebih lanjut, Perencanaan setiap pembangunan melibatkan semua unsur, Pejabat pemangku kepentingan, Kepala Daerah, OKP, Ormas dan Para tokoh-tokoh Pembangunan.

“Di tahun 2023 Pemkot Gunungsitoli akan membangun dan melatih SDM dengan mengaktifkan bangunan-bangunan Pemerintah yang sebelumnya untuk Covid, dijadikan sebagai tempat Balai Latihan Kerja (BLK) dimana telah dimulainya Kelompok penakaran bibit-bibit unggul oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Gunungsitoli, Penakaran Pembibitan Tanaman Bibit Unggul seperti Pinang Batara, jagung Hibrida, padi, sayuran juga pembibitan benih ikan”.

Tidak ketinggalan juga peningkatan pembangunan dibidang Kesehatan dengan meningkatkan fasilitas, pelayanan dan menambah tenaga perawat disetiap Pustu, Puskesmas yang ada.
Demikian juga di bidang Pendidikan dengan membangun Ruang Kelas Baru, serta program Pendidikan buat yang belum sekolah dengan kesetaraan Paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA. Juga tingkat lajunya pertumbuhan ekonomi masyarakat dari berbagai sektor usaha yang memberi sumbangan kontribusi menambah peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat selama Tahun 2022.

Pada pelaksanaan MUSRENBANG RKPD Kecamatan Gunungsitoli Barat ini juga membuka ruang diskusi dan interaksi lansung dengan masyarakat dimana setiap Pertanyaan terkait pembangunan dan pelayanan Pemerintah diberbagai bidang.

Lebih lanjut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang) Kota Gunungsitoli menjelaskan dengan Detail sebagai Narasuber dalam paparan di Forum Musrebang telah beri Pemahaman melalui data suber BPS Kota Gunungsitoli.

Kegiatan Musrembang ini dihadiri oleh Camat Ibu Fitelinamawati Hulu, SE.,M.Si. dan Sekcam Rahmat F. Lase, S.Sos. serta para seluruh staff, perwakilan Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Dapil 2 Firman Zebua, SH & Atieli Zebua, Kepala Perangkat Daerah, Sekwan Folata Mendrofa, Satbinmas Polres Nias O. Ziliwu, Bpk Ilham, Kepala BPBD Kota Gusit Ir. Ignasius Harefa, Pj. Kepala Desa Se-Kecamatan Gusbar, BPD Se-Kecamatan Gusbar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Agama, Pemuda dan Perempuan, Lsm dan Pers.(Sudarmin Nazara).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *